Penyebab Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas

Penyebab Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas

Bayi baru lahir mempunyai kulit yang sangat tipis dan sensitif. Sehingga mudah terkena masalah kulit . Terkadang sebagaian bayi baru lahir kulitnya menjadi mengelupas dengan sendirinya. Hal ini membuat orangtua menjadi khawatir. Kira-kira apa penyebab kulit bayi baru lahir mengelupas? Lalu apakah berbahaya?

Penyebab Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas

Selama bayi di dalam kandungan, kulit bayi dilindungi dengan lapisan lemak tebal seperti lilin yang berfungsi menjaga kulit bayi dari cairan ketuban yang mengelilingi nya. Lapisan lemak ini disebut verniks caseosa. Saat bayi lahir lapisan lemak di kulit bayi ini akan mengelupas dengan sendiri nya. Hal ini yang menyebabkan kulit bayi di minggu-minggu pertama setalah lahir menjadi mengelupas.

Kulit Bayi Baru Lahir Mengelupas, Bahayakah?

Keadaan kulit bayi baru lahir mengelupas di minggu-miggu pertama kehidupan nya ini tidak berbahaya dan normal terjadi. Kulit bayi mengelupas disebabkan terkikisnya lapisan lemak yang melindungi nya saat didalam kandungan (verniks caseosa )dan ini tidak akan membuat bayi merasa sakit. Namun, jika kulit bayi mengelupas disertai dengan kemerahan dan bayi menjadi rewel ketika kulit nya tersentuh, ini merupakan masalah kulit yang tidak normal. Keadaan seperti ini bisa disebabkan karena iritasi dari penggunaan produk bayi, deterjen, ataupun penyakit tertentu.

Cara Mengatasi Kulit Bayi Baru Lahir Yang Mengelupas

  • Jangan memandikan bayi terlalu lama, maksimal 5 hingga 10 menit
  • Jika ingin menggunakan sabun, pilihlah sabun khusus untuk bayi
  • Oleskan pelembab khusus kulit bayi setelah mandi agar menjaga kelembababan kulit si kecil
  • Hindari produk yang berbahan keras, pilih lah produk perawatan khusus untuk bayi termasuk ¬†deterjen yang dirancang khusus untuk kulit bayi yang sensitif.
  • Berikan ASI sesering mungkin agar bayi tetap terhidarasi dan mengurangi kulit kering pada bayi
  • Hindari paparan udara dingin, karena udara dingin dapat membuat kulit bayi menjadi kering dan mudah mengelupas

Jika kulit kering dan pengelupasan tidak membaik dalam beberapa minggu ataupun semakin memburuk, segera konsultasikan si kecil dengan dokter spesialis anak agar mendapat penanganan yang tepat.

Semoga informasi ini bermanfaat. Salam sehat.

 

 

 

 

 

 

Similar Posts